Rabu, 02 April 2014

GEMPA CHILI GEGERKAN INDONESIA

Tsunami yang timbul akibat gempa 8,2 SR di Chile merambat hingga Indonesia. Tsunami ini diperkirakan sampai ke Papua pada pukul 07.00 WIT atau 05.00 WIB dan sampai ke Jawa pada pukul 07.00 WIB, Kamis (3/4) besok.

"Levelnya waspada dengan ketinggian 0-0,5 meter," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsumami BMKG Moch Riyadi kepada detikcom, Rabu (2/4/2014).

Riyadi mengatakan, tsunami akan masuk ke Jayapura sekitar pukul 7 pagi besok waktu setempat. Kemudian rambatan tsunami ini akan terus ke arah barat kemudian mencapai Jawa. "Seluruh Jawa terkena baik Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur akan terkena dampaknya," katanya.

Meski tinggi tsunami ini hanya 0 hingga 0,5 meter, Riyadi meminta warga tetap waspada. Hal ini disebabkan gelombang ini masih memiliki energi. "Akan ada hempasan dari gelombang tersebut," katanya.

Hari ini gelombang tsunami setinggi sekitar 6 kaki atau 1,8 meter telah melanda kawasan pantai Pisagua di Chile. Gelombang tsunami dengan ketinggian serupa juga dilaporkan terjadi di Iquique, Chile. Kota Iquique berpenduduk lebih dari 200 ribu orang. Sejauh ini belum ada laporan korban luka maupun kerusakan akibat tsunami ini.

Gempa tersebut juga menimbulkan tanah longsor. Namun belum ada laporan mengenai kerusakan besar akibatnya. Demikian disampaikan Wakil Menteri Dalam Negeri Chile Mahmud Aleuy kepada para wartawan seperti dilansir CNN, Rabu (2/4/2014).

Selain wilayah Chile, peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk Peru, Ekuador, Kolombia dan Panama.

Menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, siaga tsunami juga dikeluarkan untuk Costa Rica, Nicaragua, El Salvador, Guatemala, Meksiko dan Honduras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar