Jumat, 11 Januari 2013

TIPS MENGOMBINASIKAN WARNA BUSANA

Tips Menghindari Kesalahan Memilih Warna BusanaTepat dalam memilih warna pakaian adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan dalam berbusana. Namun bagi Anda yang tidak terbiasa memilih warna pakaian yang tepat mungkin akan mengalami kesulitan. Padahal di lemari Anda banyak sekali busana yang dapat di padu padan. Untuk itu agar terhindar dari kesalahan dalam memilih warna busana, maka dalam artikel ini akan diulas ilmu dasar tentang warna yang akan mempermudah Anda untuk mengkombinasikannya.
Masih ingatkah tentang tingkatan dasar warna primer, sekunder dan tersier ? Mungkin sebagian dari Anda akan merasa bosan untuk membahasnya. Tetapi ini akan membantu Anda untuk bisa dan mahir menyelaraskan warna pakaian. Seperti yang kita ketahui, ada tiga warna dasar primer, yaitu merah, kuning, dan biru. Apabila ketiga warna ini diatur tingkat kegelapannya maka akan dihasilkan warna-warna lain.
Kita juga dapat melihat bahwa warna hitam merupakan tingkat kegelapan yang maksimal dari warna apapun. Apabila kita mencampurkan 2 warna primer, akan dihasilkan warna sekunder. Contoh:
Merah+Kuning= Orange
Biru+Kuning= Hijau
Merah+Biru=Ungu
Kemudian, apabila ketiga warna sekunder ini kita atur tingkat kegelapannya, akan dihasilkan warna lainnya. Ada lagi yang disebut warna tersier, yaitu apabila warna sekunder di campur dengan satu warna primer.
Contoh :
Hijau+Biru atau Kuning= Biru-Hijau atau Kuning-Hijau
Orange+Merah atau Kuning= Merah-Orange atau Kuning-Orange
Ungu+Merah atau Biru= Merah-Ungu atau Biru-Ungu
Dengan mencampurkan dan mengatur tingkat kegelapan dari sinilah dihasilkan warna-warna yang ada di alam semesta.
Warna primer dan sekunder yang bersebelahan dalam roda warna adalah saling analog satu sama lain contoh :
Warna analog dari Biru = Hijau dan Ungu
Warna analog dari orange= Merah dan Kuning
Dalam pemilihan warna pakaian, warna-warna yang saling analog dapat di kombinasikan asalkan tingkat kegelapannya sama. Jadi Anda dapat menggunakan dress berwarna hijau dengan jaket berwarna biru dan scarf atau long pashmina yang bercorak senada.
Kemudian adalagi yang disebut warna komplimen atau pelengkap, yaitu warna primer dengan warna sekunder yang saling bersebrangan dengan roda warna diatas *lihat gambar.
Biru Komplimen terhadap orange
Ungu komplimen terhadap kuning
Merah Komplimen terhadap hijau dan seterusnya
Mengenakan warna-warna yang saling komplimen dapat memberikan kesan bahwa Anda percaya diri dan berani. Tetapi perhatikan kecocokan dalam memadu padankan warna ini, sebab ada warna tertentu yang tidak cocok untuk di kombinasikan.
Anda juga dapat mengenakan warna yang sama tetapi dengan tingkat kegelapan yang berbeda. Contohnya Long dress berwarna maroon dengan scarf berwarna merah terang. Kombinasi warna ini akan menghasilkan efek monokromatik. Dan tentu saja Anda dapat mengkombinasikan warna putih atau warna hitam dengan warna apapun karena sifat keduanya netral. Terakhir, sesuaikan warna- warna yang akan anda kombinasikan dengan warna kulit Anda.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar