Jumat, 11 Januari 2013

Sarapan Gratis SISWA SD


Dewan kota Blackpool di Inggris akan menyediakan sarapan gratis kepada semua murid sekolah dasar. Proyek percobaan dalam program Klik Pendidikan Dasar ini diluncurkan sebagai tanggapan atas laporan para guru bahwa banyak murid yang datang ke sekolah tanpa sarapan lebih dulu.

Ketua Dewan Kota Blackpool, Simon Blackburn, mengatakan sarapan yang sehat sebelum berangkat ke sekolah akan membuat murid lebih bisa berkonsentrasi saat proses belajar mengajar.

"Setiap murid akan bisa memulai hari sekolah mereka dengan mendapat makanan dan siap untuk belajar," tuturnya.

Untuk menjalankan proyek selama tiga bulan, dewan kota Blackpool ini sudah menyediakan anggaran sebesar 700.000 poundsterling untuk 12.000 murid.

Kawasan 'bermasalah'
Semua murid berhak mendapat sarapan gratis itu tanpa mempertimbangkan latar belakang penghasilan keluarga dan diharapkan akan bisa berlangsung sampai setahun.

"Tidak ada diskriminasi antara keluarga yang mampu dan yang tidak mampu," tegas Blackburn.

Sarapan berupa sereal, buah, yoghurt dan susu yang diberikan saat waktu istirahat pertama. Kota di pinggir pantai di Klik Inggris barat laut ini merupakan salah satu kawasan dengan tingkat kesejahteraan yang buruk.

Selain memiliki proporsi penduduk yang kecanduan alkohol dan obat bius yang tinggi, tingkat harapan hidup penduduknya juga rendah. Kondisi tersebut diperkirakan menyebabkan banyak anak-anak di Blackpool yang menghadapi risiko kekurangan gizi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar